PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEE (WONDERING, EXPLORINGAND EXPLAINING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

Authors

  • Jubaida Nur Haliza Universitas Islam Malang

Keywords:

Pengaruh, Model, Wondering, Exploring, Explaining, Influence

Abstract

Termasuk dalam kemampaun yang penting ialah kemampuan dalam berpikir secara kritis sistematis. Berguna dalam menganalisis, menyelesaikan suatu masalah matematika. Merujuk hasil daristudi PISA, kemampuan dalam berpikir secara kritis matematis oleh siswa atau peserta didik Indonesia terbilang di bawah standar. Kemudian, tujuan adanya penelitian berikut guna melihat kemungkinan terdapat peningkatan kemampuan pada berpikir secara kritis matematis dari siswa atau peserta didik yang telah mendapatkan proses dengan model atau konsep pembelajaran WEE (Wondering, Exploring and Explaining) dimana siswa atau peserta didik melakukan proses pembelajaran secara konvensional. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan sampel dari siswa atau peserta didik kelas 9 SMP Negeri 1 Lawang. Kemudian data yang diperoleh dikumpulakan dengan media instrument tes berupa soal essay singkat atau uraian mengenai kemampuan berpikir kritis secara matematis. Jenis metode penelitian kuantitatif dengan True Eksperimental Design berupa Pretest-Posttest Control Group Design. Perolehan hasil dengan standar nilai posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi yakni sebesar 71,13. Kemudian, dalam nilai tengah dari kelas kontrol yakni sebesar 43,06. Merujuk pada penganalisisan perolehan data pada perhitungan uji t-test meraih nilai thitung > dari ttabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak, maka kesimpulan dinyatakan peningkatan pada kemampuan dalam berpikir kritis secara matematis oleh siswa atau peserta didik dengan model atau konsep pembelajaran WEE (Wondering, Exploring and Explaining) lebih baik jika disandingkan dengan siswa atau peserta didik dengan pembelajaran yang konvensional.

References

Sutiarso, S. (2017). Teacher's Belief dalam Pembelajaran Matematika dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, Volume 10 (2) Tahun 2017, halaman 69.

Johnson, B.E. (2007). Contextual Teaching and Learning (Terjemahan). Bandung: MLC.

Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa atau peserta didik Sekolah Dasar dalam Memecahkan

Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara Vol 01 No. 02

Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus

pada Siswa atau peserta didik MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education,6(2)(2), 89–100.

Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities.

Lestiana, Ida, Mochammad Aed, Wiwin Puspita Hadi, and Irsad Rosidi. (2018). “Pengembangan

Lembar Kerja Siswa atau peserta didik (Lks) Berbasis Wondering Exploring Explaining (Wee) Science

Pada Materi Struktur Bumi Dan Dinamikanya.” Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran 10(1):113–129.

ULFA, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Wondering Exploring Explaining (Wee) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa atau peserta didik Ditinjau Dari Curiosity (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Iqoh, U., Rinaldi, A., & Putra, R. W. Y. (2021). Model Pembelajaran WEE Ditinjau dari Curiosity: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 267.

Zahra, Z. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Wee (Wondering, Exploring And Explaining)

Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient (Aq) Siswa atau peserta didik (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Pinkan, A. Q. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Wee (Wondering, Exploring And Explaining) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa atau peserta didik (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Wahyuni, T., Komarudin, K., & Anggoro, B. S. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model WEE Dengan Strategi QSH Ditinjau Dari Self Regulation. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 65-72.

Nana, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Wee (Wondering, Exploring, Explaining) Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa atau peserta didik (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Intan, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Wondering, Exploring, Explaining (Wee) Dengan Strategi Question Student Have (Qsh) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Devi, O. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Wondering Exploring Explaining (Wee) Berbantuan Pendekatan Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari

Kemandirian Belajar Siswa atau peserta didik (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung). Pengaruh Model Pembelajaran WEE (Wondering, Exploring, and Explaning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa atau peserta didik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

Susna, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Wondering Exploring Explaining (Wee) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa atau peserta didik Di Kelas V Mi Nurul Islam 2 Karang Sari Lampung Selatan (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Downloads

Published

2024-02-05