PERSPEKTIF MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNISMA 2023 TERHADAP PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE CHAT GPT DALAM PENYUSUNAN SEMINAR PROPOSAL

Authors

  • Vinika Vidia Putri Universitas Islam Malang
  • Iswatul Khasanah Universitas Islam Malang

Keywords:

Chat GPT, Mahasiswa, Pendidikan Matematika, Seminar Proposal

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi perspektif mahasiswa Pendidikan Matematika UNISMA 2023 terhadap penggunaan Artificial Intelligence (AI) ChatGPT dalam penyusunan seminar proposal. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan observasi dan wawancara terhadap 15 mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan seminar proposal. Dari jumlah tersebut, 7 mahasiswa memilih menggunakan ChatGPT dalam proses penyusunan proposal. Hasil penelitian menunjukkan minat sebagian mahasiswa dalam memanfaatkan ChatGPT sebagai alat bantu untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas penyusunan proposal seminar. Analisis wawancara dengan tujuh responden menghasilkan temuan bahwa penggunaan ChatGPT dapat membantu dalam parafrase, pencarian definisi, dan struktur kalimat. Meskipun menyadari risiko plagiarisme, responden berusaha menghindari dengan melakukan parafrase manual. Diskusi hasil penelitian mencerminkan temuan serupa dalam penelitian sebelumnya, yang menunjukkan efektivitas ChatGPT dalam pembelajaran dan penyusunan tugas. Meskipun memberikan kontribusi positif, perlu hati-hati dan tanggung jawab dalam penggunaannya untuk menghindari plagiarisme dan memastikan integritas akademis. Kesimpulannya, penggunaan ChatGPT dapat menjadi alat bantu tambahan yang berguna dalam konteks penyusunan proposal seminar, dengan syarat digunakan secara bijak dan diintegrasikan dengan upaya penulisan manual.

 

References

Alfaiz, A., & Julius, A. (2023). Dampak Chat GPT (Generative Pre-Trained Transformer) Bagi Dunia Akademik dari Perspektif Psikologi Agentik. Takris: Journal of Community Service. https://ejournal.sentosa-edu.com/index.php/TKR/article/view/81

Ausat, A. M. A., Massang, B., Efendi, M., Nofirman, N., & ... (2023). Can chat GPT replace the role of the teacher in the classroom: A fundamental analysis. Journal on …. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2745

Damayanti, A. S. T., & Hermanto, N. (2023). PELATIHAN PUBLIKASI INSTANT WEBSITE DESA MENGGUNAKAN CHAT GPT DESA PANIMBANG, KECAMATAN CIMANGGU, KABUPATEN CILACAP. J-ABDI: Jurnal Pengabdian …. https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/6007

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. … Jurnal Teknologi Pendidikan. https://journal.awatarapublisher.com/index.php/dewantech/article/view/8

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/4779

Faradiba, S. S., Alifiani, A., & Hasana, S. N. (2022a). Metacognitive Myopia: Bentuk Khusus Kebutaan Metakognitif dalam Konteks Perkuliahan Daring di Era Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 375–385. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1117

Faradiba, S. S., Alifiani, & Hasana, S. N. (2022b). Metacognitive blindness in mathematics online learning. 070032. https://doi.org/10.1063/5.0103599

Hakiki, M., Fadli, R., Samala, A. D., Fricticarani, A., & ... (2023). Exploring the impact of using Chat-GPT on student learning outcomes in technology learning: The comprehensive experiment. Advances in Mobile …. https://www.syncsci.com/journal/AMLER/article/view/AMLER.2023.02.013

Kusumaningtyas, P., Arrumi, A. P., & Keren Tiurma Eunike, dan S. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Chat GPT dalam Tugas Esai Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional, 158–165.

Lelepary, H. L., Rachmawati, R., Zani, B. N., & ... (2023). GPT Chat: Opportunities and Challenges in the Learning Process of Arabic Language in Higher Education. … of Lingua & …. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=2830487X&AN=171869958&h=X5%2FlIYXqLseSO9PgNbepDhzNfhkybqcqdmW84WHsXKaYq%2BnHhCiLthv0mdd8ebTtTSNHyL5gzFKhOOXiZTcW2g%3D%3D&crl=c

Maulana, M. J. , Darmawan, C. , & Rahmat, R. (2023). PENGGUNAAN CHATGPT DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN BERDASARKAN PERSPEKTIF ETIKA AKADEMIK. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), 58–66.

Maulana, M. S., Widianto, S. R., Safitri, S. D. A., & ... (2023). Pelatihan Chat Gpt Sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Di Kelas. Jurnal Penelitian Dan …. http://journal.jotika.co.id/index.php/JPPMJ/article/view/103

Misnawati, M. (2023). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN …. http://badanpenerbit.org/index.php/MATEANDRAU/article/view/221

Naurah, N. (2023, June 22). Daftar Platform AI yang Paling Sering Digunakan di Indonesia, ChatGPT Teratas. GoodStats. https://goodstats.id/article/daftar-platform-ai-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia-chatgpt-teratas-DPyuE

Pontjowulan, P. (2023). Implementasi Penggunaan Media ChatGPT dalam Pembelajaran Era Digital. Educationist: Journal of Educational and …. https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/156

Priowirjanto, E. S., Rivani Israwan, A. R., Josca, M. P., Kevin, N., Ardhiansyah, C., Desiani, R. H., & Munaf, C. R. (2023). SOSIALISASI MENGENAI ASPEK HUKUM DARI PENGGUNAAN CHATGPT DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI SMK AL-WAFA KABUPATEN BANDUNG. KABUYUTAN, 2(2), 92–99. https://doi.org/10.61296/kabuyutan.v2i2.161

Purnama, I., Edi, F., & Wijanarko, T. (2023). ChatGPT for Teachers and Students in Science Learning: A Systematic Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan …. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/5259

Putra, G. A., Taniady, V., & ... (2023). TANTANGAN HUKUM: KEAKURATAN INFORMASI LAYANAN AI CHATBOT DAN PELINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNANYA. Jurnal Rechts Vinding …. https://rechtsvinding.bphn.go.id/ejournal/index.php/jrv/article/view/1258

Rosyanafi, R. J., Lestari, G. D., Susilo, H., & ... (2023). The Dark Side of Innovation: Understanding Research Misconduct with Chat GPT in Nonformal Education Studies at Universitas Negeri Surabaya. … Review Pendidikan …. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/27346

Saputra, N. J., & Hidayati, D. (2023). Persepsi Dosen Pascasarjana Universitas Swasta terhadap ChatGPT dalam Meningkatkan Mutu Pembalajaran. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 11(3), 532. https://doi.org/10.26418/justin.v11i3.67023

Serdianus, S., & Saputra, T. (2023). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE CHATGPT DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Masokan: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.34307/misp.v3i1.100

Setiawan, D., Karuniawati, E. A. D., & ... (2023). Peran Chat Gpt (Generative Pre-Training Transformer) Dalam Implementasi Ditinjau Dari Dataset. Innovative: Journal Of …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3286

Shidiq, M. (2023). The use of artificial intelligence-based chat-gpt and its challenges for the world of education; from the viewpoint of the development of creative writing skills. … of International Conference on Education, Society …. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/5614

Sholihatin, E., Diani, A., Saka, P., Rizky Andhika, D., Pranawa, A., Ardana, S., Yusaga, C. I., Fajar, R. I., & Virgano, B. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. JURNAL TUAH Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa , 5(1). https://jtuah.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTUAH/

Wahid, R., Hikamudin, E., & Hendriani, A. (2023). Analisis Penggunaan Chat-GPT Oleh Mahasiswa Terhadap Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pedagogik Indonesia, 1(2), 112–117.

Wairisal, P. L. (2023). Learning Transformation in the Human and Natural Resources Economics course through the GPT Chat: A Review”. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. https://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/4944

Downloads

Published

2023-12-05