ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 5 PROBOLINGGO

Authors

  • Yusnia Rahayuning Tyas Universitas Islam Malang
  • Anies Fuady Universitas Islam Malang
  • Surya Sari Faradiba Universitas Islam Malang

Keywords:

Kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah matematis, gaya kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 5 Probolinggo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 4 peserta didik yang dipilih berdasarkan hasil tes gaya kognitif. 4 peserta didik terdiri dari 2 peserta didik dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan 2 peserta didik dengan gaya kognitif Field Dependent (FD). Teknis analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif: 1) S1 dan S2 mampu memenuhi tiga indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, evaluasi, dan inferensi. S1 dan S2 mampu memenuhi tiga indikator pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah, membuat rencana pemecahan, dan melaksanakan rencana pemecahan; 2) S3 mampu memenuhi satu indikator berpikir kritis yaitu evaluasi, sedangkan S4 mampu memenuhi dua indikator dari empat indikator berpikir kritis yaitu interpretasi dan evaluasi. S3 mampu memenuhi satu indikator pemecahan masalah matematis yaitu melaksanakan rencana pemecahan, S4 mampu memenuhi dua indikator pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah dan melaksanakan rencana pemecahan; 3) Peserta didik bergaya kognitif FI, yaitu S1 & S2 memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis kategori tinggi. Skor S1 dan S2 yakni 75 pada berpikir kritis dan 83 untuk S1 dan 87,5 untuk S2 pada kemampuan pemecahan masalah matematis. Peserta didik dengan gaya kognitif Field Dependent (FD), yakni S3 memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis kategori rendah dengan skor 37,5 dan 50. S4 memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis kategori sedang dengan skor 40 dan 75.

References

Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574

Christiyanto, D. Y., Sulandra, I. M., & Rahardi, R. (2018). Proses Berpikir Kritis Siswa Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2009), 1347–1358.

Darmono, A. (2012). Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik Dalam Belajar. Al-Mabsut, 3(1), 63–69.

Habibi, M., Darhim, & Turmudi. (2018). Self-Determination in Mathematics Learning Process by Using Generative Multi – Representation Learning ( GMRL ) Model Self-Determination in Mathematics Learning Process by Using Generative Multi – Representation Learning ( GMRL ) Model. Journal of Physics, 2.

Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Widyanti, E. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7, 63–73.

Khairat, F., & Fauzan, A. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANG. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(2), 18–24.

Khoriah, A., & Transformastion, J. S. (2020). Aah Khoriah/Jurnal Syntax Transformastion, Vol 1, No 1 Maret 2020. 1(1), 1–5.

Moleong, L. J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya.

Muslimah, A. I., Pambudi, D. S., Oktavianingtyas, E., Hobri, & Fatahillah, A. (2020). Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Kadikma, 11, 50–62.

Rohmani, D., Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90. https://doi.org/10.26737/var.v3i2.2401

Downloads

Published

2022-10-28