Analısıs Kemampuan Berpıkır Geometrı Peserta Didik Kelas VIII dalam Materı Bangun Ruang Sısı Datar Ditinjau dari Teori Van Hiele

Authors

  • Afiyatul Ummah

Keywords:

Kemampuan Berpikir Geometri, Bangun Ruang Sisi Datar, Teori Van Hiele

Abstract

Kemampuan berpikir geometri merupakan suatu proses yang dilakukan oleh peserta didik untuk mendapatkan informasi, kemudian dari informasi tersebut diselesaikan dengan mencari kesimpulannya untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi geometri. Proses berpikir yang dimiliki setiap peserta didik itu berbeda-beda tidak selalu sama antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, untuk mengetahui kemampuan berpikir geometri dapat dilihat dari kemampuan peserta didik melewati tahapan level berpikir geometri berdasarkan Teori Van Hiele. Tahapan level tersebut yaitu level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi) dan level 4 (rigor). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII  MTs Miftahul Ulum As-Sholchah Warungdowo Pasuruan Tahun Ajaran 2021/2022 yang sudah mendapatkan materi bangun ruang sisi datar  terdiri dari  3 subjek yang memiliki kemampuan berpikir geometri dengan teknik pengambilan subjek secara purposive sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan berpikir geometri peserta didik kelas VIII dalam materi bangun ruang sisi datar berdasarkan Teori Van Hiele. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif eksploratif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir geometri dalam materi bangun ruang sisi datar berdasarkan Teori Van Hiele peserta didik kelas VIII berada pada level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), level 2 (deduksi informal) dan level 3 (deduksi) tetapi tidak ada satupun peserta didik yang berada pada level 4 (rigor).

References

Agung, T. (2020). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Anwar, A. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Level Berpikir Van Hiele SMP Kelas VII. Mandalika Matematics and Education Journal Volume 1, Nomor 2, 75.

Astuti, M. K. (2017). Analisis Tingkat Berpikir Geometri pada Siswa SMP Berkemampuan Matematika Tinggi Berdasarkan Teori Van Hiele. Salatiga: SKRIPSI diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Atiaturrahmaniah, Ibrahim, D. S., & Kudsiah, M. (2017). Pengembangan Pendidikan Matematika SD. Lombok : Universitas Hamzanwadi Press.

Baeti, N., & Murtalib. (2018). Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele di MTs Muhammadiyah 1 Malang. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika Volume 2, No. 2, 39.

Creswell, J. W. (2016). RESEARCH DESIGN Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (Edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fitriani, D. I., Danaryanti, A., & Elli, K. (2018). Analisis Tingkat Berpikir Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Banjar Masin Barat. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 107.

Hayati, P. (2017). Analisis Tingkat Keterampilan Geometri Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele Ditinjau dari Kecerdasan Spasial Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Lampung: SKRIPSI diterbitkan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hidayati, N. (2018). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Surabaya: Skripsi diterbitkan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA Prodi Pendidikan Matematika.

Khoiri, M. (2014). Pemahaman Siswa pada Konsep Segiempat berdasarkan Teori Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 263.

Lestariyani, S., Ratu, N., & Yunianta, T. N. (2014). Identifikasi Tahap Berpikir Geometri Siswa SMPN 2 AMBARAWA Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan Satya Widya Vol. 30, No. 2, 97.

Marsitin, R. (2017). Koneksi Matematis dan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika dengan Teori APOS. Al-Kwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 5 No. 1, 90.

Mawardi, A. V., Yanti, A. W., & Arrifadah, Y. (2020). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Gaya Kognitif . JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 42.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muawanah, L. (2013). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Level Berpikir Geometri Van Hiele. Naskah Publikasi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nopriana, T. (2015). Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika Volume 1, Nomer 2, 81.

Pradika, L. E., & Murwaningtyas, C. E. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII I SMPN 1 KARANGANYAR dalam Mengerjakan Soal Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar serta Upaya Remediasinya dengan Media Bantu Program Cabri 3D. Seminar Naisonal Pendidikan Matematika dan Matematika UNY, 540.

Razak, F., & Sutrisno, A. B. (2017). Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent. Edumatika Volume 7 Nomor 2, 22.

Sahara, R. I., & Nurfauziah, P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 915.

Wahyuniar, L. S., & Widyawati, S. (2017 ). Proses Berpikir Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kombinatorial Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 1, No. 2, 104.

Wiska, S., Musdi, E., Permana, D., & Yerizon. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik dengan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Teori Van Hiele. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol.6 (1), 60.

Yanti, A. P., & Syazali, M. (2016). Analisis Proses Berpikir dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Bransford dan Stein Ditinjau dari Adversity Quotient . Aljabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7, No. 1, 66.

Yudianto, E., Nindya, Y. S., & Setiawan, T. B. (2021). Kecemasan Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Van Hiele. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 05, No. 02, 1103.

Downloads

Published

2022-06-07